Telegram rilis akun bisnis

Telegram, salah satu aplikasi pesan instan yang populer, baru-baru ini Telegram rilis akun bisnis yang mirip dengan WhatsApp Business. Fitur ini dirancang untuk memberikan dukungan khusus bagi pengguna yang menggunakan Telegram untuk keperluan bisnis mereka.

Fitur-Fitur Telegram Business

Telegram Business dilengkapi dengan sejumlah fitur penunjang bisnis yang dapat membantu pengguna dalam mengelola komunikasi dan interaksi dengan pelanggan mereka. Beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh Telegram Business antara lain:

1. Chatbot

Salah satu fitur yang paling menonjol dari Telegram Business adalah kemampuannya untuk membuat dan mengelola chatbot. Chatbot dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan umum dari pelanggan, memberikan informasi produk atau layanan, dan bahkan melakukan transaksi bisnis secara otomatis. Dengan adanya chatbot, pengguna dapat meningkatkan efisiensi dalam menjawab pertanyaan pelanggan dan memberikan pelayanan yang lebih baik.

2. Pesan Otomatis

Telegram Business juga menyediakan fitur pesan otomatis yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan secara otomatis kepada pelanggan. Fitur ini sangat berguna untuk memberikan respons cepat kepada pelanggan, mengirim pesan selamat datang, atau menginformasikan tentang promo atau penawaran khusus. Dengan adanya pesan otomatis, pengguna dapat menjaga komunikasi yang efektif dan efisien dengan pelanggan mereka.

3. Label untuk Obrolan

Telegram Business memungkinkan pengguna untuk memberi label pada obrolan dengan pelanggan. Fitur ini memudahkan pengguna dalam mengelompokkan dan mengorganisir obrolan berdasarkan kategori atau jenis pelanggan. Misalnya, pengguna dapat memberi label pada obrolan dengan pelanggan yang sedang dalam proses pemesanan, pelanggan yang sering bertransaksi, atau pelanggan yang memiliki pertanyaan khusus. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mencari dan mengelola obrolan dengan pelanggan mereka.

Halaman Awal yang Bisa Diatur Sesuai Keinginan

Selain fitur-fitur di atas, Telegram Business juga menyediakan fitur halaman awal yang dapat diatur sesuai keinginan pengguna. Pengguna dapat menyesuaikan halaman awal mereka dengan menambahkan informasi bisnis, seperti alamat, jam operasional, atau deskripsi singkat tentang produk atau layanan yang mereka tawarkan. Dengan adanya halaman awal yang dapat diatur, pengguna dapat memberikan informasi yang relevan dan menarik bagi pelanggan mereka.

Pendiri dan CEO Telegram, Pavel Durov, mengungkapkan tentang Telegram Business dalam sebuah wawancara dengan Financial Times. Durov menyatakan bahwa Telegram berencana untuk menghasilkan keuntungan pada tahun 2025. Rilis fitur akun bisnis ini merupakan salah satu langkah strategis dari Telegram untuk memperluas pangsa pasar mereka dan memberikan solusi yang lebih lengkap bagi pengguna yang menggunakan Telegram untuk keperluan bisnis mereka.

Dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Telegram Business, pengguna dapat meningkatkan efisiensi dalam menjalankan bisnis mereka, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan memberikan pelayanan yang lebih baik. Apakah Telegram Business akan menjadi pesaing serius bagi WhatsApp Business? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *